Halaman

Minggu, 26 Februari 2012

MPTI IS "??"

Kata MPTI tak asing lagi didengar oleh para mahasiswa Sistem Informasi. Namun apakah mereka mengerti apa isi dari matakuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi tersebut ??

Manajemen Proyek Teknologi Informasi, Manajemen yang berarti tindakan pengelolaan pada sebuah object dan Proyek Teknologi Informasi yang berarti sebuah rencana yang akan dikelola dan kemudian direalisasikan berdasarkan tujuan tertentu terhadap Teknologi Informasi, dengan kata lain MPTI merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengelola sebuah rencana yang terealisasi berdasarkan tujuan tertentu terhadap Teknologi Informasi.

Berbicara tentang manajemen, pasti kita semua  tidak akan merasa asing dengan kata - kata Manajer bukan? sebelumnya, perlu diklarifikasikan kembali apakah itu perbedaan antara Head, Leader, dan Manajer?


Head atau kepala, merupakan jabatan tertinggi dalam sebuah instansi, organisasi ataupun lainnya.dan head menjadi tertinggi karena memiliki tanggung jawab besar untuk mengontrol kinerja anak buahnya. Dan Leader menjadi sedikit berbeda dari Head karena tugas dari seorang Leader adalah orang yang membimbing atau mengarahkan anak buahnya untuk tujuan tertentu, sedangkan Manajer adalah seseorang yang memanfaatkan orang lain untuk tujuan tertentu.

Sehingga dengan beberapa perbedaan tadi, didapatkan bahwa seorang manajer hanya memanfaatkan orang lin untuk tujuan tertentu. contoh manajer pemasaran sebuah perusahaan X yang memerintahkan anak buahnya untuk memasarkan produk ke wilayah A, sehingga seorang manajer tidak hanya sekedar memerintah namun juga mengetahui apa yang dikerjakan oleh anak buahnya hingga mengetahui hasil dari yang dikerjakan anak buahnya tadi.

Kemudian seorang Manajer Proyek dalam bidang Teknologi Informasi menjadi orang yang sangat penting dalam kelancaran proses sebuah proyek IT tersebut. contoh sebuah proyek yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab sebuah pulau buatan dengan bentuk pulau menyerupai pohon palm yang dinamakan dengan Palm Island. dan proyek ini membutuhkan seorang Manajer Proyek yang handal untuk sebuah proyek sebesar ini.

Jadi apakah anda tertarik menjadi seorang Manajer Proyek??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar